Penyakit gagal ginjal mempunyai pantangan khusus terlebih dalam perihal makanan. makanan yang harus dihindari untuk pasien gagal ginjal terutama yang sudah melakukan cuci darah mesti di perhatikan. apa saja makanan yang dapat memperparah keadaan ginjal ?
Sepanjang dalam periode pemulihan, dokter juga dapat merekomendasikan diet spesial untuk memberi dukungan kondisi ginjal serta membatasi pekerjaan yang perlu dikerjakan organ penting tersebut. perihal ini terhitung merekomendasikan seorang ahli nutrisi untuk menganilisis situasi pola makan pasien serta merekomendasikan pola makan spesifik yang meringankan ginjal untuk memprosesnya.
Berikut ini pantangan-pantangan untuk pasien gagal ginjal :
1.Tentukan makanan yang rendah kalium
bahan makan yang tinggi salah satunya layaknya pisang, jeruk, kentang, bayam serta tomat namun makanan yang rendah kalium yaitu apel, kubis, buncis, anggur, serta stroberi.
2.Jauhi makanan olahan dengan garan tambahan
kurangi jumlah garam yang dimakan pasien tiap-tiap harinya dengan menjauhi produk-produk makanan olahan yang menggunakan tambahan garam, terhitung makanan beku, sup kalengan serta makanan cepat saji. begitupun dengan camilan asain, sayuran kaleng serta daging atau keju olahan.
3.Batasi konsumsi fosfor
fosfor yaitu di antara type mineral yang banyak ditemukan pada makanan layaknya susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan serta selai kacang. berlebihan jumlah fosfor dalam darah pasien dapat melemahkan tulang serta mengakibatkan kulit gatal-gatal.