5 Fungsi utama kalsium, selain menyehatkan tulang

5 Fungsi utama kalsium, selain menyehatkan tulang
7
Ilustrasi kalsium. ©shutterstock.com/concept w
Merdeka.com - Kalsium punya peran penting dalam tubuh kita, termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun selain itu, ada banyak fungsi utama kalsium yang perlu diketahui. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.
Mencegah osteoporosisKarena kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, konsumsi makanan kaya kalsium tentu mampu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos.
Melangsingkan tubuhKalsium punya efek tertentu terhadap metabolisme tubuh. Sebab kalsium berperan dalam memaksimalkan pembakaran lemak daripada menyimpannya. Sehingga kalsium bisa dibilang sebagai nutrisi yang melangsingkan tubuh.
Mengatasi nyeri haidKhusus untuk wanita, mengonsumsi kalsium ketika haid adalah cara ampuh untuk mengatasi nyeri di bagian perut. Jadi coba minum susu jika setiap bulan Anda para wanita mengalami nyeri haid.
Melawan kankerAntioksidan disebut sebagai senyawa yang ampuh menurunkan risiko kanker. Namun ternyata kalsium juga berperan dalam melawan kanker usus besar, ovarium, dan payudara.
Menyehatkan jantungSebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi kalsium juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Namun jangan sampai berlebihan jika mengonsumsinya karena kalsium justru bisa merusak jantung.
Itulah berbagai fungsi utama dari kalsium selain menyehatkan tulang. Mulai sekarang jangan sampai mengabaikan kebutuhan nutrisi yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya