Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Kesehatan

Berkenalan dengan manfaat daun sirih merah dan sirih hijau serta kandungan senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan.
Daun sirih ada beberapa macam jenisnya, yaitu daun sirih merah, sirih hijau dan sirih hitam. Namun yang populer di masyarakat adalah sirih merah dan sirih hijau. Ketiganya bisa dibedakan dari warna daunnya.

Daun sirih hijau banyak ditemukan merambat diantara pepohonan di daerah pedesaan dan lebih dulu digunakan sebagai tanaman herbal dibanding sirih merah. Sementara sirih merah sendiri bisa ditemukan di daerah hutan yang tidak terlalu lebat. Fungsinya lebih kepada dijadikan tanaman hias karena warnanya yang cukup bagus. Namun seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia, sirih merah mulai dilirik menjadi tanaman obat tradisional.

Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat Daun Sirih Merah


Sirih Merah
Gambar Sirih Merah
Selain bersifat antiseptic, sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.
Selain itu tanaman sirih merah mempunyai manfaat menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan dan bisa digunakan sebagai obat kumur, karena alkaloid di dalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.

1. Mengatasi Keputihan

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan.

2. Menghilangkan bau badan

Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil, airnya diminum.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan bebearapa menit dalam mulut lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Kandungan dan Manfaat Sirih Hijau


Sirih Hijau
Gambar Sirih Hijau
Menurut literatur, kandungan daun sirih hijau sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat itu, menyebabkan sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat dan kegunaannya.
Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan:

1. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.

2. Bisa untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.

3. Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.

4. Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya. Daun sirih hijau bisa menyembuhkan sariawan.

5. Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.

6. Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.

7. Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur

8. Bisa untuk mengobati Asma

9. Mengobati radang tenggorokan

10. Air rebusannya dapat digunakan untuk membersihkan mata

11. Dapat menghilangkan bau ketiak

12. Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.

13. Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.

14. Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.

15. Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.

16. Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.

Nah, jangan pernah ragu untuk menanam tanaman sirih di pekarangan rumah Anda. Karena selain bagus untuk dijadikan tanaman hias, daun sirih hijau dan sirih merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Serta Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih



Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih – Tanaman asli Indonesia yang Mempunyai Kandungan Untuk Menjaga Kesehatan Serta Mengobati Penyakit,  tumbuhan ini bisa hidup (di tanam) di dataran tinggi dan dataran rendah, tumbuhan ini adalah tumbuhan yang merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Sirih juga digunakan sebagai tanaman obat dan berbagai upacara adat Oleh rumpun Melayu.

Kandungan Serta Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih

Daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.Karna kandungan yang terdapat dalam daun sirih tersebut, daun sirih bisa/banyak di gunakan sebagai pengobatan.
Khasiat daun sirih sudah banyak dikenal dan telah teruji secara klinis. Hingga kini, penelitian tentang tanaman ini masih terus dikembangkan. Daun sirih bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Daun Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah (mimisan).
Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Secara Alami Di antaranya :
  1. Batuk – Caranya, ambil daun sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira- kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.
  2. Sariawan – Ambil 3 lembar daun sirih di rebus yang diberi sedikit garam,gunakan airnya untuk berkumur, atau bisa mengunyah langsung daun sirih.
  3. Bronchitis – Ambil 7 lembar daun sirih, 20 g jahe, 15 g kulit jeruk mandarin kering, Gula batu secukupnya. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring. Minum 2 kali sehari.
  4. Jerawat – Ambil 10 helai daun sirih, kemudian rebus dengan 250ml air hingga mendidih dan airnya berwarna kecoklatan. Tunggu air rebusan sampai tidak terlalu panas bagi wajah, jangan biarkan air terlalu dingin karena ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah, kompreskan air rebusan tadi ke wajah,lakukan secara rutin setiap hari.
  5. Keputihan – Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dengan 2,5 liter air, Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci vagina. Lakukan berulang- ulang sampai terasa ada perubahan. (Dampak yang ditimbulkan akibat terlalu sering menggunakan air dari daun sirih tersebut biasanya warna dari Miss V menjadi tampak tidak segar atau malah menjadi agak kehitam-hitaman, jadi anda harus menggunakannya secara berkala atau tidak teralu sering).
  6. Sakit gigi karena berlubang – Ambil 2 lembar daun sirih, Remas-remas masukkan ke dalam gelas, Tuangkan air panas campurkan garam dapur secukupnya. Aduk-aduk hingga garam dapur larut. Tutup rapat beberapa saat hingga air menjadi dingin.Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur,Ulangi beberapa kali.
  7. Bau mulut – Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin.
  8. Sakit Jantung – Ambil 3-5 lembar daun sirih, Potong kecil-kecil lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga menjadi 2 gelias. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.
  9. Asma – Bahan: 6 lembar Daun sirih segar, Kencur,akar Alang alang, Jeruk nipis, Madu,air. Cara pembuatannya : 1. Satu buah jeruk nipis segar di ambil airnya sebanyak 1 sendok teh. 2. Rebus dengan 1 liter air, daun sirih 25 gram, kencur 25 gram, dan alang alang 10 gram. 3. Rebus dalam api kecil hingga air tinggal 1/2 nya, angkat dan tiriskan. Ambil setengah gelas rebusan 2. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu sebanyak masing masing 1 sendok makan. 3. Minum sekaligus sebelum tidur pada malam hari.
  10. Radang tenggorokan – Ambil 4 lembar daun sirih segar,cuci bersih, remas lalu rebus hingga mendidih,minum air rebusan setelah dingin.
  11. Gusi bengkak – mbil beberapa lembar daun sirih segar,cuci bersih, masukan ke air secukupnya, rebus sampai mendidih,masukan sedikit garam,gunakan air rebusan untuk kumur-kumur saat masih hangat.
  12. Membersihkan Mata – Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air hingga mendidih. Biarkan dingin, gunakan air rebusan untuk mencuci mata.
  13. Bau badan – Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari.
  14. Eksim – Ambillah daun sirih segar segenggam penuh, daun cabe segar segenggam penuh, dan isi/biji pinang muda dua butir.cuci bersih, tumbuk sampai halus, lalu bungkus dengan kain bersih, ikat kuat, rebus sampai mendidih benar. Sesudah mendidih angkatlah.setelah hangat-hangat kuku, ambillah kapas, celupkan ke dalam air godokan itu, ditekan- tekan ke tempat yang eksim.
  15. Luka bakar – Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.
  16. Koreng (pyodermi) – Rebus 15-20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.
  17. Bisul – Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.
  18. Hidung berdarah (Mimisan) – Ambil 1-2 lembar daun sirih yang agak muda, lumaskan dan gulung lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan.
  19. Sakit mata/mata gatal – Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air hingga mendidih. Biarkan dingin, gunakan air rebusan untuk mencuci mata, lakukan tiga kali sehari hingga sembuh.
  20. Perdarahan gusi – Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.
  21. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan – Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.
  22. Menghilangkan gatal – Ambil 6 lembar daun sirih segar tambah satu potong jahe lalu di tumbuk dan tambah stengah sendok minyak kayu putih, kemudian dioleskan pada kulit yang mengalami gatal.

Kandungan, Manfaat serta Khasiat Daun Sirih





Kandungan, Manfaat serta Khasiat Daun Sirih -

Ih waw,, setiap denger daun yang satu ini pasti bakal keinget ma nenek kita atau orang-orang jaman dulu. Yups orang jaman dulu bahkan mungkin sampai sekarang ada orang yang hobinya nyirih ampe-ampe giginya pada merah , kadang kalo ngeliat orang nyirih ampe berwarna merah, bawaannya jadi horor.. hiiiii... kyk drakula abis ngisep darah. Hehehe. Tapi jangan salah loh kawan, mereka melakukan hal tersebut pasti ada tujuannya , tentu untuk tujuan yang bermanfaat ya. Hal Ini berhubungan dengan daun sirih yang kaya akan manfaat. Sejak dahulu orang-orang sudah menyakini bahwa daun sirih kaya akan manfaat loh.. Dan itu bukan hanya sekedar mitos, melainkan bisa di buktikan secara ilmiah. Nah daripada semakin bingung dan penasaran, langsung aja kita menuju TKP.




Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm.



Kandungan daun Sirih



Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.



Manfaat dan Khasiat Daun Sirih



Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap. Untuk lebih lengkapnya mengenai khasiat daun sirih dan cara penggunaanya di bawah ini :




  • Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
  • Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
  • Sebagai obat bronchitis : daun sirih  sebanyak 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
  • Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
  • Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gls air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
  • Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
  • Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.
  • Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
  • Mengobati keput!han : Rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian k3m4lu4n.
  • Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  • Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.
  • Mengurangi air ASI berlebih : ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar p4yud4r4 yang bengkak.
  • Mengatasi mata merah dan gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan 1 gls air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.

1 komentar:

  1. If you'd like an alternative to randomly approaching girls and trying to figure out the right thing to say...

    If you would prefer to have women hit on YOU, instead of spending your nights prowling around in filthy pubs and night clubs...

    Then I encourage you to play this eye-opening video to learn a weird little secret that can literally get you your personal harem of hot women just 24 hours from now:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM...

    BalasHapus

Terima klasih kunjunganya