Penyebab Suara Serak dan Hilang


Suara yang dihasilkan oleh seseorang berasal dari pita suara bergetar yang terdapat di dalam kotak suara (laring). Meski begitu suara yang serak atau hilang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini faktor yang bisa menyebabkan suara serak dan hilang seperti dikutip dari ent.about.com, Jumat (13/5/2011) yaitu:

Laringitis akut
Kondisi ini umumnya disebabkan oleh virus seperti flu dan jarang akibat infeksi bakteri, karena itu biasanya tidak akan merespons jika diberi antibiotik. Ketika pita suara terinfeksi oleh virus, maka ia akan membengkak dan menyebabkan hilangnya suara atau menjadi serak.

Laringitis kronis
Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Beberapa hal bisa mendasari kondisi ini yang biasanya akibat paparan dari iritan (zat yang bisa mengiritasi) seperti tekanan yang terus menerus pada pita suara, sinusitis kronis, infeksi ragi (akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah) serta terpapar asap atau gas yang mengandung zat kimia.

Merokok dan konsumsi alkohol
Zat kimia yang terkandung di dalam rokok dan alkohol bisa menyebabkan suara menjadi serak, terutama jika sudah berlangsung dalam jangka waktu lama. Namun jika suara serak yang terjadi sudah lebih dari 3 minggu sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena rokok dan alkohol bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Akibat asam yang berbalik ke kerongkongan (acid reflux)
Ketika tidur berbaring di malam hari, asam dari perut bisa berbalik ke kerongkongan sehingga mempengaruhi atau mengiritasi pita suara. Jika jumlah asam di perut terlalu berlebihan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menguranginya.

Menggunakan suara secara berlebihan
Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang pekerjaannya selalu berbicara dan penyanyi. Menyalahgunakan suara secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pada pita suara seperti menyebabkan kista atau perdarahan. Biasanya terjadi jika sering berbicara dengan keras, teriak atau terlalu banyak berbicara.

Untuk mengatasi suara serak atau hilang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:


  1. Mengistirahatkan suara dengan cara berbisik atau tidak berbicara
  2. Mengonsumsi banyak cairan dan istirahat
  3. Mengevaluasi apakah memiliki infeksi jamur atau tidak, khususnya pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah atau menggunakan inhaler kortikosteroid untuk asma
  4. Mengatasi jumlah asam berlebih di perut jika akibat acid reflux
  5. Belajar teknik bernapas, berbicara dan bernyanyi yang tepat
  6. Menghindari rokok, asap rokok dan alkohol
  7. Mengurangi kontak atau paparan iritasi seperti debu atau uap dari zat kimia
  8.  Jangan gunakan suara sebisa mungkin. Jangan berbicara atau berbisik. Berbisik dapat menegangkan pita suara Anda lebih dari bicara normal.
  9. Minum banyak cairan hangat untuk menyejukkan tenggorokan dan 6-8 gelas per hari untuk menjaganya tetap basah. Jangan minum minuman berkafein atau beralko*hol
  10. Makanlah makanan lembut dan mudah di telan.
  11. Hindari lingkungan kering dan berasap, yang akan mengeringkan tenggorokan dan menambah parau.
  12. Jika tenggorokan terasa luka, makan pengurang atau penghilang nyeri.
  13. Coba menghirup uap untuk mengurangi radang dan mengencerkan lendir.
  14. Jangan berkumur karena alko*hol dalam beberapa obat kumur dapat menyebabkan iritasi. Obat batuk tidak mengurangi serak.

Langkah Pencegahan

Lindungi tenggorokan Anda jika Anda rentan dengan serak dan kehilangan suara, coba gunakan langkah berikut untuk mencegahnya timbul kembali.
  • Minum air 6-8 gelas sehari, taruh botol minuman di dekat meja tempat Anda bekerja, dan minum seringkali.
  • Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan bicara dalam kelompok atau kelas, coba hindari meninggikan suara Anda. Organisasikan kelompok lebih kecil dan duduk berdekatan. Jika Anda perlu bicara dalam kelompok lebih besar, minta mikrofon.
  • Berteriak atau menjerit memberi ketegangan pada suara Anda, jadi coba kontrol kemarahan Anda.
  • Berhenti mero*kok atau hindari waktu lama di lingkungan berasap.
  • Coba jangan batuk atau membersihkan tenggorokan dengan keras.
  • Coba bernafas melalui hidung. Bernafas lewat mulut akan mengeringkan lapisan tenggorokan dan mempercepat kena flu, udara yang tak tersaring masuk ke paru-paru sehingga menambah serak.
  • Gunakan pelembab udara dalam rumah Anda agar udara tetap lembab
  1. Cara Alami Mengatasi Suara Serak Atau Hilang

    Suara serakSuara serak atau hilang tentu saja bisa mengganggu anda terlebih lagi jika anda suka menyanyi atau memang anda adalah seorang penyanyi. Suara serak biasanya juga di sertai dengan batuk, demam, dan akhirnya flu. Gejala suara serak umumnya sebagai tanda bahwa orang tersebut akan mengidap penyakit flu. Dan biasanya, hal itu ditandai dengan rasa sakit yang mencekik ketika akan mengalami suara serak.

    Tidak terlepas dengan semua itu, suara bisa dikatakan serak jika suara berbeda dari biasanya dan disertai rasa sakit ketika berbicara. Penyebab suara serak itupun bisa terjadi karena banyak sebab. Misalnya alergi, merokok, dll.

    Dan untuk menyembuhkan suara serak itu sendiri ada banyak cara yang bisa dicoba. Nah, jika anda mengalami suara serak dan ingin mencoba cara menyembuhkan suara serak yang ada disini agar bisa sembuh, berikut cara-caranya yang saya ambil dari banyak sumber agar anda bisa memilih sendiri cara yang baik menurut diri anda sendiri.

    Buah Delima
    Cara pertama mengatasi suara serak atau hilang, bisa menggunakan buah delima. Caranya ambil buah delima yang masih segar kemudian belah dan ambil isinya. Kunyah buah tersebut dan jangan lupa buang bijinya. Lakukan cara ini 3 kali dalam satu hari sampai anda mengalami kesembuhan.

    Jeruk nipis
    Cara kedua bisa menggunakan jeruk nipis. Tapi bukan hanya itu, untuk mengatasi suara serak dengan jeruk nipis, anda perllu mencampurnya dengan kecap asin. Untuk lebih lengkapnya, siapkan air dari perasan jeruk nipis satu sendok makan kemudian berikan 2 tetes kecap asin. Minum keduanya setiap hari 3 kali. Seperti diatas, lakukan cara ini sampai suara anda tidak lagi serak.

    Air putih
    Ketiga bisa juga menggunakan air putih. Untuk mengatasi suara serak yang ini, anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan apapun. Jadi cukup memperbanyak minum air putih saja setiap hari itu sudah bisa dikatakan cukup.

    Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi suara serak atau hilang. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan hal penting dibawah ini agar usaha anda dalam mengobati suara serak tidak sia-sia.

    Irit Suara
    Ketika suara anda serak atau hilang, jangan banyak bicara terlalu banyak. Jadi lebih baik diam untuk mencegah menegangnya pita suara.

    Makanan
    Makanan disini berarti, memilih makanan yang mudah ditelan ketika mengalami suara serak. Untuk pemilihan, pilih saja bubur atau makanan lunak lain yang mudah ditelan.

    Lingkungan
    Untuk masalah ini, sebaiknya hindari lingkungan yang dapat memicu alergi. Misalnya saja tempat umum yang banyak mengandung asap ataupun debu. Karena jika hal itu tidak dihindari, bisa jadi suara serak anda justru semakin parah.

    Menghirup uap panas
    Menghirup uap adri air panas juga bisa sedikit membantu meringankan suara serak anda. Karena dengan menghirup uap dari air panas, dapat mengurangi radang, mengencerkan lendir, dan juga meringankan suara serak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya