Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Kini, anda tidak perlu bingung untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena, manfaat jambu biji merah mampu menjaga tubuh anda dari berbagai serangan penyakit. Jambu biji merah memiliki nama latin Psidium guajava. Tanaman buah ini sangat mudah dijumpai di benua Asia termasuk indonesia. Jambu biji merah memiliki perpaduan rasa asam dan manis.
Tapi, anda jangan salah, manfaat jambu biji merah ternyata banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam guajaverin, asam oleanolat, serta berbagai macam vitamin.

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak manfaat jambu biji merah bagi kesehatan
- Mencegah kanker
Jambu biji merah dikenal sebagai buah yang rendah kalori serta lemak. Akan tetapi, jambu biji merah kaya berbagai vitamin mineral penting didalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan poli-fenolik serta flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.
manfaat-jambu-biji-merah-bagi-kesehatan
- Melancarkan sistem pencernaan
Buah jambu biji merah dikenal kaya akan serat. Didalamnya terkandung sumber serat larut yaitu sekitar 14% dari DRA atau 5,4 g per 100 g buah. Inilah yang dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga berguna dalam melindungi membran mukosa usus. Yaitu mengurangi efek buruk dari racun dan mengikat berbagai bahan kimia di usus besar yang diyakini sebagai penyebab kanker.
- Menjaga fungsi otak dan syaraf
Manfaat jambu biji merah lainnya adalah menjaga fungsi otak dan syaraf. Karena jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan B6, maka tak heran buah ini berfungsi untuk merangsang otak. Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai pyridoxine juga mampu meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi penting bagi otak dan fungsi syaraf.
- Penangkal radikal bebas
Buah ini banyak mengandung vitamin C. Jadi tidak heran jika jambu biji merah memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebeas. Selain itu, vitamin C juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya