MENTHOL 
  • 1. Aroma & rasa Khas Volatil Monoterpen Menthol Pemberi rasa & aroma Kosmetik , obat, pewangi & makana
  • 2. Dalam senyawa alami, struktur isopropil berorientasi pada isomer trans pada gugus metil dan hidroksil, sehingga dapat digambarkan sebagai berikut: Enantiomer (+) dan (–) mentol adalah yang paling stabil antara semuanya berdasarkan konformasi sikloheksan.
  • 3. DATA SENYAWA • Nama IUPAC : (1R,2S,5R)-2-isopropyl-5methylcyclohexano • Nama Lain : 3-p-menthanol, hexahydrothymol, menthomenthol, peppermint camphor. • RM : C10H20O • BM : 156.27 g mol−1 • Pemerian : kristal padat putih atau tidak berwarna • Densitas : 0.890 g·cm−3 • Titik lebur : 35-33−31 C isomer(−) menthol
  • 4. • • • • Titik didih Kelarutan Sifat berbahaya Alkohol terkait : 212 °C (485 K) : sedikit larut air  isomer(−) : iritasi dan mudah terbakar : sikloheksanol, pulegol, dihidrokarveol, piperitol. • Senyawa lain terkait : timol, menthon, menthen, p-simena, sitronelal. • Data Termodinamik : dapat berbentuk fase padat, cair dan gas. • Data spektral : UV, IR, NMR dan MS
  • 5. BIOSINTESIS
  • 6. SUMBER TANAMAN Domain Kingdon Subkingdom Divisi Filum Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Eukariota : Plantae : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh) : Spermatohyta (Tumbuhan Berbiji) : Angiospermophyta (Tumbuhan Berbunga) : Magnoliopsida (Tumbuha Berkeping Dua) : Lamiales : Lamiaceae : Mentha (Mint) : Mentha x piperita (Peppermint) Mentha piperita tumbuh tegak dengan tinggi 30-90 cm dan bentuk batang segi empat berwarna ungu. Daun tanaman ini berbentuk bulat telur dengan panjang 2,5-10 cm, bentuk pangkal daun runcing atau tumpul, tepi daun bergerigi kasar, helaian daun bagian atas halus dengan warna hijau gelap, sedang bagian bawah berwarna pucat dan sedikit berbulu. Bunga berwarna ungu, tersusun dalam karangan bunga majemuk semu. Karangan bunga ini tumbuh pada ujung batang atau cabang (bunga terminal).
  • 7. Fakta : begini ceritanya.. Mint itu berasal dari menthol. Terus menthol itu turunannya alkohol. So, namanya juga turunan, menthol jelas masih memiliki beberapa sifat alkohol. Yang paling berasa adalah sifat menghilangkan sensitivitas syaraf. Itu sebabnya kalau abis makan permen mint, kepekaan kita terhadap segala rangsangan menurun. Lah, kalau terangsang ajah bagaiman bisa kemampuan seksual meningkat ?!
  • 8. Sebenarnya semua jenis "rokok berpotensi bikin kita jadi impoten". Semakin banyak rokok yang kita hisap, maka semakin besar pula kemungkinan kita utk mengalami impoten. Mengapa rokok dengan rasa menthol banyak dikatakan dapat menyebabkan impotensi?? Karena dengan menghisap rokok menthol, si perokok akan menghisap dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang rokok non menthol. Otomatis racun2 nya (Nikotin dkk) akan lebih banyak yang mengendap di tubuh kita.
  • 9. Manfaat Menthol
  • 10. Cuci air keran Simplisia Bilas aquadest Giling Keringkan (suhu kamar)
  • 11. Serbuk simplisia Destilasi Uap (3 jam) Minyak destilat + 25,0 mL metanol +50 mL heksan ( corong pisah) Vol : 1,0 mL (bj: 1,04 g/mL) Kocok Fase heksan keringkan (Na. asetat anhidrat)
  • 12. Deteksi Kimia FTIR TLC HPLC
  • 13. Menthol Nonresep Obat batuk Antipruritus Lip balm Bedak gatal Analgesik topikal Krim & suspensi Patch dan gel Dekongestan (inhaler) Vicks Menthol Cream atau salep Foam cukur Pembersih mulut &nafas Pasta gigi Produk kecantikan perasa gargarisma Permen Sabun dan shampoo

Menthol

Terpenoid tersebar secara luas dan banyak ditemukan pada tumbuhan tingkat tinggi.  Terpenoid dihasilkan oleh fungi, organisme-organisme laut, serta serangga, dan pada tumbuhan.  Terpenoid didefinisikan sebagai produk alami yang strukturnya dibagi menjadi beberapa unit isoprene, karena itu senyawa ini disebut juga isoprenoid (C5H8).  Unit isoprene disusun atas asaetat melalui jalur asam mevalonat dan dihubungkan dengan rantai karbon yang mengandung 2 ikatan tak jenuh.

            Selama penyusunan terpenoid, dua unit isopren mengalami kondensasi antara kepala dan ekor.  Terpenoid yang tersusun atas 2 isopren membentuk senyawa golongan monoterpenoid (C10H16).  Sesquiterpen (C15H24) tersusun atas 3 unit isoprene, diterpenoid (C20H32) tersusun atas 4 unit isoprene, sesterpen (C25H40) tersusun atas 5 isopren, triterpenoid (C30H42) tersusun atas 6 unit isopren, dan tetraterpen (C40H64) tersusun atas 8 isopren.
            Mentol atau Menthan-3-ol merupakan alkohol yang diperoleh dari bermacam-macam minyak atu sediaan sintetiknya.  Levorotari mentol [(-)-mentol] atau bentuk rasemiknya [(±)-menthol], dapat diproduksi alami maupun sintetiknya.  Biasanya mentol dibuat dari minyak peppermint Jepang degnan pendinginan  (-22oC), akan terbentuk kristal.  Bagian  yang cair dituangkan, kristal mentol ditekan atara kertas saring, kemudian dimurnikan dengan rekristalisasi.  Minyak pepermint Jepang diperoleh dengan destilasi uap dari pucuk berbunga Mentha arensis Linne var piperascens.  Mentol rasemik  buatan diahsilkan dengan hidrogenasi dengan  Thymol, mentol bisa juga dibuat dari pinen.  Mentol yang terjadi tidak berwarna, kristal segi enam seperti jarum, massa melebur atau serbuk kristal, yang sedap baunya seperti pepermint.
            Bila digunakan pada kulit degnan konsentrasi 0,1-1 % mentol dapat melebarkan pembuluh-pembuluh darah yang menimbulkan rasa dingin, diikuti penekanan reseptor ransangan pada kulit dengan aksi antipruritik.  Untuk itu mentol dapat digunakan pada pertolongan pertama pad pengobatan luka bakar dan terbakar sinar matahari, racun tumbuh-tumbuhan, dauche powders, dan kutu air.  Jika digunakan pad konsentrasi tinggi (1-16%) mentol menyebabkan iritasi, guna lain biasanya dikombinasikan degnan beberapa zat seperti champhor.
            Mentol dapat dikombinasi dengan champhor dan minyak eucalyptus (sineol) dalam salep, obat batuk, semprot hidung, dan pernafasan untuk menghilangkan gejala-gejala radang tenggorokan, radang selaput lendir dan hidup tersumbat.  Dalam dosis kecil untuk mulut, mentol mempunyai aksi karminativa, tetapi pada dosis besar menyebabkan jantung tertekan.

 

Struktur

Natural menthol ada sebagai salah satu murni stereoisomer , hampir selalu bentuk (1R, 2S, 5R) (pojok kiri bawah dari diagram di bawah). Delapan stereoisomer yang mungkin adalah:
Struktur mentol isomer
Dalam senyawa alami, isopropil kelompok dalam trans orientasi untuk kedua metil dan hidroksil kelompok. Dengan demikian, dapat ditarik dalam salah satu cara yang ditunjukkan:
Menthol kursi konformasi Bola-dan-tongkat 3D Model menyoroti konformasi kursi mentol ini
The (+) dan (-) enansiomer mentol yang paling stabil di antara mereka didasarkan pada konformasi sikloheksana . Dengan cincin itu sendiri dalam konformasi kursi, ketiga kelompok besar dapat mengarahkan pada posisi khatulistiwa.
Bentuk kristal dua untuk rasemik mentol memiliki titik leleh dari 28 ° C dan 38 ° C. Murni (-)-mentol memiliki bentuk kristal empat, yang paling stabil adalah bentuk α, jarum yang luas akrab.

sifat Biologi

Kemampuan Menthol untuk kimia memicu dingin-sensitif TRPM8 reseptor di kulit bertanggung jawab atas sensasi dingin terkenal itu memprovokasi ketika dihirup, dimakan, atau dioleskan ke kulit. Dalam hal ini, itu mirip dengan capsaicin , yang bertanggung jawab atas kepedasan cabai (yang merangsang kimia sensor panas , juga tanpa menyebabkan perubahan yang sebenarnya dalam suhu).
Menthol yang analgesik sifat dimediasi melalui aktivasi selektif κ- opioid reseptor .  Menthol juga blok tegangan-sensitif saluran natrium, mengurangi aktivitas saraf yang dapat merangsang otot.  Menthol juga meningkatkan efektivitas ibuprofen dalam aplikasi topikal melalui vasodilatasi , yang mengurangi fungsi barier kulit. 

Biosintesis

Biosintesis mentol diselidiki di M. x piperita, dan semua enzim yang terlibat dalam biosintesis yang telah diidentifikasi dan ditandai. 
Lebih khusus, biosintesis (-)-mentol berlangsung di sel-sel sekretori kelenjar tanaman peppermint. Geranyl difosfat sintase (GPPS), pertama mengkatalisis reaksi IPP dan DMAPP ke difosfat geranyl. Selanjutnya (-)-limonene sintase (LS) mengkatalisis siklisasi difosfat geranyl untuk (-)-limonene. (-)-Limonene-3-hidroksilase (L3OH), menggunakan O 2 dan NADPH, kemudian mengkatalisis hidroksilasi alilik dari (-)-limonene pada posisi 3 sampai (-)-trans-isopiperitenol. (-)-Trans-isopiperitenol dehidrogenase (IPD) lebih mengoksidasi gugus hidroksi pada posisi 3 menggunakan NAD + untuk membuat (-)-isopiperitenone. (-)-Isopiperitenone reduktase (iPR) kemudian mengurangi ikatan ganda antara karbon 1 dan 2 menggunakan NADPH untuk membentuk (+)-cis-isopulegone. (+)-Cis-isopulegone isomerase (IPI) kemudian isomerizes ikatan rangkap tersisa untuk membentuk (+)-pulegone. (+)-Pulegone reduktase (PR) kemudian mengurangi ikatan ganda ini menggunakan NADPH untuk membentuk (-)-menton. (-)-Menthone reduktase (MR) kemudian mengurangi gugus karbonil menggunakan NADPH untuk membentuk (-)-mentol. 
Menthol biosintesis gambar 

Manfaat


DAUN mint (Mentha cordifolia) yang selama ini kita kenal, tak hanya memiliki khasiat untuk menyegarkan napas. Ternyata lebih dari itu, daun mint yang beraroma wangi dan bercita rasa dingin menyegarkan ini juga memiliki banyak kegunaan dan mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan, berikut beberapa di antaranya:


1. Sistem pencernaan
Daun mint merupakan makanan pembuka yang menyehatkan. Mengapa? Karena mint mampu menenangkan kondisi dalam perut kita. Aroma mint akan mengaktifkan kelenjar air liur dan kelenjar yang menghasilkan enzim pencernaan. Alhasil percernaan kita pun lancar.

2. Mual dan sakit kepala
Aroma mint yang menyegarkan merupakan obat ampuh untuk mengatasi mual. Hiruplah aroma minyak mint atau daun mint segar supaya mual berkurang. Bila dioleskan, sakit kepala juga akan berkurang.


3. Gangguan pernapasan
Aroma mint yang segar sangat efektif melegakan saluran pernapasan dengan membuka kongesti hidung, tenggorok, dan paru-paru. Rasa mint juga bisa membantu mengatasi batuk.

4. Asma
Penggunaan mint secara teratur bisa membantu penderita asma karena mampu memberikan relaksasi dan membantu melegakan pernapasan.


5. Perawatan kulit
Jus mint sangat bagus bila dijadikan masker wajah. Selain menghaluskan kulit, infeksi, gatal-gatal, dan jerawat juga bisa teratasi. Mint juga bisa mengatasi gigitan nyamuk.

6. Kesehatan mulut
Ini tentunya manfaat yang diketahui banyak orang dari daun mint. Karena kemampuannya dalam mengatsi kuman dan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dalam mulut, tak heran mulut serta napas kita akan senantiasa segar apabila rutin menggunakannya.

7. Kanker
Menurut penelitian terkini, beberapa enzim yang terkandung dalam daun mint bisa membantu melawan sel

 masalah:
1. apakah menthol dapat dijadikan analgesik?

Kandungan dan Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Daun Mint Bagi KesehatanDaun mint (Mentha Codifolia) biasanya kita kenal sebagai penambah cita rasa yang khas yaitu mentol atau mint. Misalnya saja digunakan pada perasa untuk produk permen mint, makanan, kosmetik, pasta gigi, hingga obat-obatan. Daun mint merupakan salah satu makanan diet yang sangat baik, karena daun mint mengandung mentol yang dapat mempercepat sirkulasi, meringankan kembung, mual dan kram serta membakar lemak tubuh. Semua ini membantu menurunkan berat badan. Di Cina, tanaman ini sudah digunakan sebagai pelangsing alami meskipun masih jarang dipakai. Beberapa penelitian telah membenarkan bahwa peppermint membantu mengurangi rasa lapar, mengontrol nafsu makan dan meningkatkan pencernaan.Sebuah studi dari Wheeling Jesuit University, US, menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi peppermint secara rutin cenderung makan 2.800 kalori lebih sedikit setiap minggu dibandingkan mereka yang tidak. Manfaat lain zat mentol pada daun mint adalah mengurangi sensitifitas kulit, karena sifat zat yang menenangkan. Daun mint juga mengatasi peradangan, kulit terbakar, kulit kusam. Anda dapat mencampurkan irisan daun mint dengan madu sebagai antibakteri dan antioksidan sebagai masker wajah. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Kandungan Daun Mint

Daun mint terdiri terutama dari air, serat, protein abu, dan karbohidrat, kandungan berlimpah mineral seperti yang terdapat dalam persentase tinggi, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor. Berkenaan dengan vitamin yang terdapat pada daun mint adalah vitamin kelompok A, B, C dan D, daun mint juga sangat berlimpah asam amino seperti: arginin, asam aspartat, gluttamico, alanin, leusin, glisin, prolin, serin, dan valin dalam persentase yang sangat tinggi.

Manfaat Daun Mint


  • Perawatan kulit berminyak
    Daun mint telah digunakan sejak puluhan tahun lalu untuk mengatasi kulit berminyak. Mentol yang dikeluarkan disebut mampu mengurangi sekresi minyak dari kelenjar sebasea yang membantu kulit bebas minyak.
  • Mengobati  Depresi, Stres dan Sakit Kepala
    Minyak Mint adalah stimulan, oleh karena itu dapat berguna dalam mengobati depresi, stres dan sakit kepala. Anda bisa menggunakan sabun aroma mint saat mandi atau meneteskan minyak mint ke sarung bantal Anda sehingga Anda dapat menghirupnya.
  • Menurunkan Berat Badan
    Daun mint dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena merangsang pencernaan lemak! Seperti pada bahasan di atas.
  • Sistem pernapasan
    Aroma mint yang kuat juga memberikan manfaat kesehatan pada sistem pernapasan dan digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pernapasan. Hal ini sangat efektif sebagai dekongestan hidung, tenggorokan, bronkus dan paru-paru, dan mengobati gangguan pernapasan tertentu seperti asma dan batuk.
  • Kesehatan Mulut
    Daun Mint juga memiliki fungsi dan manfaat kesehatan untuk mulut. Daun mint sering digunakan untuk merawat Kesehatan mulut, karena daun mint memiliki sifat anti kuman. Anda tinggal mengunyah daun mint untuk melawan pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam mulut, gigi dan lidah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya