Khasiat Cengkeh dan Manfaat Yang Tersembunyi Untuk Kesehatan


Berikut beberapa Kha$iat Cengkeh untuk Obat herbal tradi$ional mengata$i berbagai penyakit.
 
✰☆★★☆✰
Bergizi
 
Cengkeh kaya akan nutri$i penting dan juga vitamin tua yaitu kal$ium dan magne$ium. Cengkeh juga mampu mema$ok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan $erat makanan.
✰☆★★☆✰
Antibakteri dan Anti Jamur
 
Cengkeh $ecara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan keru$akan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai $ifat antijamur dan efektif dapat mengata$i penyakit kulit $eperti yang di$ebabkan oleh cacing cincin.
✰☆★★☆✰
Analge$ik
 
Minyak cengkeh $udah terbukti mampu untuk mengobati $akit gigi. Baru-baru ini telah $ebuah ek$perimen telah membuktikan minyak cengkah mampu $ebagai $ebagai analge$ik (obat penahan ra$a $akit).
✰☆★★☆✰
Perang$ang $ek$ual
 
$ecara tradi$ional cengkeh diangga memiliki $ifat afrodi$iak untuk menaikkan $ahwat.$ebuah penelitian anggapan ter$ebut dan ha$ilnya memang terkbukti mempunyai $ifat $eperti itu. $ebuah ek$perimen juga mengatakan cengkeh mampu mengata$i ejakula$i dini.
✰☆★★☆✰
Ramah di Perut
 
Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengata$i mual dan gangguan pencernaan.
✰☆★★☆✰
Baik Untuk Jantung
 
$ecara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah $troke. Penelitian ma$ih dilakukan dan belum ada pernyataan yang mema$tikan.
✰☆★★☆✰
Melawan Kanker
 
Walaupun banyak yang menentang mengenai kha$iat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan $aluran pencernaan.
✰☆★★☆✰
Mencegah Inflama$i (Radang)
 
Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini $angat baik karena memiliki $ifat anti inflama$i dan dapat bermanfaat bagi pa$ien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan $ebagai ek$pektoran untuk mengobati berbagai kondi$i minor $aluran pernapa$an.
✰☆★★☆✰
Pengu$ir Nyamuk
 
Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengu$ir nyamuk. $angat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.
✰☆★★☆✰
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
 
Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan $i$tem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.
✰☆★★☆✰
Menghitamkan ali$ mata
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
5-7 biji bunga cengkeh kering dibakar $ampai hangu$, kemudian ditumbuk $ampai halu$ dan ditambah dengan minyak kemiri $ecukupnya. Ole$kan pada ali$ mata $etiap $ore hari.
✰☆★★☆✰
Mengobati Campak
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
10 Biji bunga cengkeh direndam air ma$ak $emalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk $ampai merata. Lalu diminum $edikit demi $edikit $ecara teratur.
✰☆★★☆✰
Menambah Denyut Jantung
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
Bunga cengkeh yang $udah kering, dikunyah di$e$ap airnya, dilakukan $etiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir u$u$ dan lambung $erta menambah jumlah darah putih.
✰☆★★☆✰
Mengata$i $akit gigi
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
Gigi yang berlubang di$umbat dengan kapa$ yang telah ditete$kan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh di$angrai $ampai halu$, lalu digiling halu$, dima$ukkan pada lubang gigi $ecukupnya, lalu ditutup dengan kapa$. Lakukan dua kali $ehari.
✰☆★★☆✰
Menghilangkan bau mulut
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh dicuci lalu di$eduh dengan 200 cc air pana$, diamkan $elama lima menit. Kemudian, di$aring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan $etiap hari $ecara rutin.
✰☆★★☆✰
Mengata$i $inu$iti$
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
Cengkeh $ecukupnya dikeringkan, digiling $ampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan $edotan dengan ukuran $ecukupnya.
✰☆★★☆✰
$ebagai obat mual
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
    10 butir cengkeh, 20 gram a$am jawa, dan gula aren $ecukupnya direbu$ dengan 400 cc air $ampai ter$i$a 200 cc. Kemudian ramuan di$aring dan diminum $elagi hangat untuk dua kali $ehari, $etiap kali minum $ebanyak 100 cc.
✰☆★★☆✰
Mengata$i kembung
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
    10 butir cengkeh di$eduh dengan air pana$ lalu diminum $ebagai teh. Atau, 5 $ampai 10 butir cengkeh dima$ukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungku$ dengna kerta$ aluminium foil lalu dibakar hingga matang. $etelah matang, cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.
✰☆★★☆✰
Obat ma$uk angin
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
    10 tete$ minyak cengkeh di$eduh dengan 50 cc air pana$, tambahkan madu $ecukupnya, diaduk $ampai merata lalu diminum $elagi hangat. Lakukan 2 $ampai 3 kali $ehari.
✰☆★★☆✰
Obat $akit kepala
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
    5 butir cengkeh, 5 gram kayu mani$, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica dihalu$kan hingga menjadi bubuk lalu di$eduh dengan 100 cc air pana$, kemudian diminum.
✰☆★★☆✰
Mengata$i radang lambung
 
    Cara membuat dan Menggunakan :   
5 butir cengkeh, 5 gram kayu mani$, 5 gram biji pala, dan 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang $ecukupnya, direbu$ dengan 1000 cc air pana$ kemudian diminum.
✰☆★★☆✰
Obat batuk
 
    Cara membuat dan Menggunakan :
    10 butir cengkeh, 10 lembar daun $irih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu mani$, dan gula aren $ecukupnya direbu$ dengan 800 cc air hingga ter$i$a 400 cc, di$aring lalu diminum 2 kali $ehari, $etiap kali minum $ebanyak 200 cc.
 
Kandungan Cengkeh
Cengkeh selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa eugenol, asama olenolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin, dan gom. 

Manfaat Cengkeh Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi sebagai anastetik dan antimikroba. Minyak cengkeh dapat diguna untuk menghilangkan bau napas dan menghilangkan sakit gigi. Zat eugenol digunakan dokter gigi untuk menenangkan syaraf gigi. Manfaat cengkeh yang lain mengatasi gangguan pencernaan, muntah karena lambung dingin, sakit perut, mual, sakit di dada dan perut, sakit gigi, batuk, masuk angin, penghangat badan, perut mulas sewaktu haid, rematik, dan pegal linu. 
manfaaf cengkeh
 1. Bernutrisi
Cengkeh adalah sumber nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh karena mengandung vitamin hingga nutrisi yang penting, seperti kalsium dan juga magnesium. Cengkeh yang berukuran kecil ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karena memiliki kandungan energi yang besar dan juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

2. Antibakteri dan Jamur
Cengkeh dapat menjadi cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut, dan melawan kuman pada mulut. Selain itu, eugenol yang terdapat pada cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur, serta efektif dalam melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

3. Mengandung Analgesik
Minyak cengkeh sering digunakan untuk mengobati gigi dan juga eksperimen yang baru-baru ini dilakukan membuktikan cengkeh memiliki kandungan anelgesik. Jadi jika mengalami sakit pada gusi, tak perlu lagi membeli obat di apotik, gunakan saja minyak cengkeh untuk meredakan rasa sakit Anda.

4. Zat Perangsang
Cengkeh dipercaya memiliki kandungan zat perangsang tradiosional. Meskipun belum ada klaim yang kuat mengenai hal tersebut, eksperimen yang baru-baru ini dilakukan menunjukan bahwa cengkeh memang memiliki kandungan zat perangsang. Selain itu cengkeh juga membantu kasus ejakulasi dini.

5. Baik untuk Pencernaan
Cengkeh merupakan salah satu makanan yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya melawan kembung dan bisul, namun juga efektif meredakan mual dan gangguan pencernaan.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung
Eugenol yang terkandung pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah dan mencegah stroke. Hingga saat ini, para peneliti masih melakukan riset untuk mengetahui manfaat lain dari tanaman cengkeh bagi kesehatan jantung
 
Manfaat dan Khasiat Buah Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Khasiat Buah Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Cengkih atau biasa Kalian sebut cengkeh adalah tanaman asli dari Indonesia yang kaya akan khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Banyaknya manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh memang sudah di percaya sejak zaman dahulu. Jadi memang cengkah adalah tanaman alami yang sangat berguna untuk kesehatan Sobat.


Manfaat Buah Cengkeh

Berikut Adalah Manfaat Buah Cengkeh :

Melawan Kanker
Meskipun belum benar-benar dipastikan, namun studi menunjukkan bahwa cengkeh dapat menangkal penyakit kanker, terutama kanker kulit, paru-paru dan juga saluran pencernaan.

Anti Inflamasi
Flavonoid yang ditemukan dalam minyak cengkeh memiliki kandungan anti inflamasi yang yang dapat membantu pasien yang menderita rematik. Selain itu cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran dalam menyembuhkan gangguan saluran pernafasan.

Baik untuk Kesehatan Jantung
Eugenol yang terkandung pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah dan mencegah stroke. Hingga saat ini, para peneliti masih melakukan riset untuk mengetahui manfaat lain dari tanaman cengkeh bagi kesehatan jantung.

Antibakteri dan Jamur
Cengkeh dapat menjadi cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut, dan melawan kuman pada mulut. Selain itu, eugenol yang terdapat pada cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur, serta efektif dalam melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

Anti Nyamuk
Cengkeh memiliki kandungan yang tidak disukai nyamuk. Gunakan cengkeh untuk mencegah Anda dari gigitan nyamuk yang menyebabkan malaria, demam berdarah, dan juga penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya