Buah & Sayuran: Makanan Pembentuk Basa

Buah & Sayuran: Makanan Pembentuk Basa

Sayur-sayuran

th3

Sayuran juga memiliki faktor-faktor pembentuk basa seperti buah-buahan. Yang membedakan adalah komposisi zat gizi dan strukturnya. Kandungan gula dan asam pada buah cukup tinggi, sedangkan pada sayuran sangat rendah. Karena itu sayuran dapat dikombinasikan dengan protein ataupun pati, sedangkan buah tidak.

Serat sayuran umumnya lebih keras dan padat dibandingkan serat buah, sehingga sayuran agak lebih lama dicerna daripada buah. Perbedaan-perbedaan tersebut membuat kombinasi sayur dan buah agak sulit untuk dicerna bersamaan, terutama bagi mereka yang pencernaannya sensitif.

Sayuran dipercaya sebagai makanan bergizi dan vital bagi kesehatan dan vitalitas manusia (khususnya yang segar dan bebas polusi). Sebagian besar sayuran kaya dengan karbohidrat utuh, serat, vitamin, dan mineral. Semua jenis sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam atau brokoli dan sayuran yang berwarna merah, jingga, atau kuning, seperti cabe merah, wortel, atau labu merah kaya dengan betakaroten (zat pembentuk vitamin A di dalam tubuh). Zat hijau daun atau klorofil pada sayuran hijau berfungsi sama seperti hemoglobin pada darah manusia. Jika  pada darah yang berperan adalah zat besi, pada klorofil adalah magnesium.

Sayangnya beberapa jenis vitamin dan mineral pada sayuran mudah rusak atau hilang pada saat dimasak atau dicuci. Oleh sebab itu sayuran sebaiknya dicuci sebelum dipotong-potong dan jangan dimasak sampai layu. Sayuran sekarang banyak yang secara langsung ataupun tidak langsung terkontaminasi oleh zat-zat kimia dari pupuk, air, maupun udara. Zat beracun ini umumnya tertinggal di sekitar kulit atau permukaan sayur, padahal vitamin dan mineralnya justru banyak terdapat di bawah permukaan kulit. Untuk mengurangi efek polusi tanpa mengurangi manfaatnya, sebaiknya sayuran dibersihkan dan dipersiapkan dengan cara yang cermat sebelum diolahn dan dimakan.

Sumber: Buku Food Combining (Kombinasi Makanan Serasi), hal 72-73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya