manfaat collagen

Seiring bertambahnya usia, tekstur kulit kita akan semakin kendur. Hal ini sangat alamiah karena kolagen yang ada dalam tubuh kita semakin berkurang setiap tahunnya.
Para ilmuan telah membuktikan bahwa pada saat usia 25 tahun, kulit kita akan mulai kehilangan kolagen 1.5% setiap tahun. Dan kita akan kehilangan 50% kolagen (dari usia 25tahun) pada usia 60 tahun. artinya, berawal dari umur 25 tahun tersebutlah keluhan-keluhan pada kulit akan timbul seperti keriput, kulit kering, tidak kenyal dan sebagainya.
Mungkin beberapa dari Anda masih bingung, apa yang dimaksud dengan kolagen. Yuk kita bahas apa sih kolagen itu?
Arti Kolagen
Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino-, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine. Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen.
Mengapa Kolagen Sangat Penting Bagi Tubuh
Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya. Kolagen memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organism dan sel-sel kanker. Kolagen juga dapat memberikan elastisitas dan ketahanan pada kulit. Dengan kulit yang masih elastis inilah seseorang akan terlihat awet muda walaupun usia sudah 40 tahun ke atas.
Karena kolagen sangat penting dalam tubuh, maka bisa dipastikan bahwa kekurangan kolagen bisa menimbulkan masalah. Bahkan, ada beberapa penyakit genetik yang berhubungan dengan kekurangan kolagen. Misalnya, osteogenesis imperfecta, sering disebut sebagai penyakit tulang rapuh yang merupakan hasil dari penurunan kolagen.
Makanan yang Mengandung Kolagen
Kita dapat menambah asupan kolagen dari makanan yang kita makan sehari-hari seperti:
a. Buah yang Mengandung Vitamin C dan Antioksidan
Buah yang mengandung banyak vitamin C dan antioksidan adalah penghasil kolagen yang besar. Seperti buah jeruk, strawberry, wortel, apel, jambu merah, jambu monyet, anggur, kiwi, lemon, blackberry, blueberry, papaya, dan tomat. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui bahwa tomat mengandung sejumlah lycopene. Lycopene pada buah tomat ini membantu tubuh kita melawan kolagenase. Kolagenase adalah enzim yang menghancurkan senyawa kolagen pada tubuh manusia.
b. Sayur uang Mengandung Vitamin C dan K
Sama seperti buah-buahan, sayuran juga merupakan pilihan terbaik untuk menambah senyawa kolagen dalam tubuh kita. Pilih sayuran yang mengandung vitamin C dan K seperti: paprika, brokoli, kubis, bawang putih, terong, asparagus, kembang kol dan bayam.
c. Produk Kedelai
Kacang kedelai merupakan produk yang menghasilkan kolagen dan memerangi penuaan pada kulit. Contoh produk yang terbuat dari kedelai: keju, susu kedelai, tempe, tahu, dan masih banyak lainnya.
d. Makanan yang Mengandung O-Mega3
O-Mega3 adalah asam lemak yang dianggap sebagai lemak baik. O-Mega3 menjadikan kulit halus, kenyal dan lembut sehingga sangat baik untusk dikonsumsi secara teratur. O-Mega3 ditemukan pada ikan tuna, ikan salmon, dan ikan mackerel, telur dan kenari.


Seiring bertambahnya usia, tekstur kulit kita akan semakin kendur. Hal ini sangat alamiah karena kolagen yang ada dalam tubuh kita semakin berkurang setiap tahunnya.Para ilmuan telah membuktikan bahwa pada saat usia 25 tahun, kulit kita akan mulai kehilangan kolagen 1.5% setiap tahun yang ditunjukkan dengan gejala kulit kering, elastisitas berkurang, keriput di wajah, dan gejala penuaan lainnya.  artinya, berawal dari umur 25 tahun tersebutlah keluhan-keluhan pada kulit akan timbul seperti keriput, kulit kering, tidak kenyal dan sebagainya. Kita akan kehilangan 50% kolagen pada usia 60 tahun.

Pada usia 35 tahun produksi Kolagen tubuh berhenti total. Oleh karena itu pada usia 35 keatas proses penuaan menjadi lebih cepat dan keluhan keluhan kesehatan mulai banyak bermunculan. Setiap orang memmerlukan kolagen karena kolagen merupakan material dasar Sel kita. Setiap hari sel tubuh kita mati maka setiap hari pula kita membutuhkan pembentukan sel baru. Setelah usia 35 tahun Produksi kolagen tubuh terhenti maka kita memerlukan asupan kolagen dari luar.
   
Fakta Kolagen Pada Manusia
Sejak umur 25 tahun kolagen akan menyusut sebanyak 1.5% setiap tahun. Umur 40 tahun susut 30% setiap tahun. Umur 60 tahun susut 50% setiap tahun.


Apa itu Kolagen ?
Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine. Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen.

Manfaat Kolagen Untuk Kulit
Di dalam badan kita telah memiliki zat kolagen yang cukup banyak kurang lebih sebanyak 28% protein dalam tubuh terbentuk dari kolagen yang terdapat pada jaringan konektif seperti pada tendon dan pada tulang rawan. Kolagen jaga sangat membantu memberikan fungsi manfaat meremajakan kulit.

Zat kolagen menjadi penunjang utama dalam fungsi membangun jaringan komponen pada dermis yaitu lapisan paling rendah pada kulit. Protein pada kolagen sangat baik dalam menjaga kekencangan kulit serta kelenturannya. Namun seiring dengan bertambahnya usia kolagen yang ada dalam badan akan berkurang fungsinya dan pecah serta kaku, hal ini akan mengakibatkan kulit kendor dan menimbulkan keriput serta kehilangan manfaat elastisnya.

Kolagen Berfungsi Sebagai Nutrisi Anti Penuaan
Oleh karenanya, bagi anda yang ingin awet muda dengan kondisi kulit yang tetap kencang tanpa keriput, anda membutuhkan Nayyara Green Apple Stem Cell yang kaya akan kandungan kolagen, dengan konsumsi kolagen setiap hari makan sel sel tubuh yang lemah dan hampir mati akan bisa hidup kembali dan berfungsi normal lagi.

Fungsi Kolagen bagi Tubuh
Kolagen bukan hanya baik dikonsumsi untuk wanita dewasa. Kolagen juga baik bagi pria bahkan remaja. Seperti yang telah dikatakan, fungsi kolagen bukan hanya melulu soal kecantikan tapi juga baik bagi kesehatan. Manfaatnya tidak dilebih-lebihkan karena memang manfaat kolagen ini sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini adalah manfaat luar biasa dari kolagen yang dapat membuat tubuh anda lebih sehat:

Kulit
Mungkin banyak yang telah mengetahui fungsi kolagen bagi kulit. Karena manfaatnya, banyak yang menggunakan kolagen untuk menjaga keremajaan kulit. Kolagen dapat membuat kulit tetap elastis dan sehat. Kolagen juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit anda. Jika anda memiliki masalah flek dan keriput juga dapat diatasi dengan penggunaan kolagen secara teratur.

Rambut dan Kuku
Bagi rambut dan kuku, kolagen bermanfaat untuk memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhannya kembali. Sedangkan bagi kuku, juga dapat memperkuat kuku sehingga tidak mudah patah. Jika kuku anda terdapat bintik-bintik putih, juga dapat hilang setelah penggunaan kolagen secara teratur.

Sendi
Ternyata kolagen juga dapat bermanfaat bagi sendi anda. Jika anda memiliki masalah nyeri sendi, cobalah untuk mengkonsumsi kolagen secara teratur. Hal ini karena kolagen mampu memberikan fleksibilitas tubuh pada bagian tendon. Selain itu, kolagen dapat bermanfaat membangun bahan tulang rawan pada sendi anda.

Tulang
Kolagen memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan kalsium bagi tulang anda. Hal ini karena kolagen berfungsi sebagai lem perekat tulang agar sendi menyatu. Jika mengkonsumsi kolagen secara teratur dapat memperkuat tulang dan mencegahnya menjadi rapuh.
Dengan pola makan yang baik dan mengkonsumsi kolagen secara teratur, kesehatan tulang dapat terjaga dengan baik hingga usia tua. Osteoporosis yang menjadi musuh bagi tulang juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi kolagen secara teratur. Selain itu kolagen dapat membuat tulang anda menjadi tetap lentur dan nyeri pada tulang pun dapat hilang.

Otak
Nutrisi pada otak kita disuplai oleh sel Gila yang didukung oleh jaringan kolagen. Saraf kranial pada otak tidak dapat menerima nutrisi jika jaringan kolagen menipis. Sehingga untuk menjaga jaringan ini, diperlukan asupan kolagen tambahan. Selain itu dengan mengonsumsi kolagen, maka otak dapat berkerja lebih baik.

Mata
Untuk berkerja dengan baik, otot-otot pada mata haruslah lentur. Seiring pertambahan usia, kolagen pada kornea akan berkurang dan ini akan mengakibatkan kornea menjadi kaku. Hal ini tidak baik bagi kesehatan mata anda. Nah maka dari itu untuk mengatasi kurangnya kolagen pada mata, disarankan untuk mengkonsumsi kolagen agar penglihatan pada mata dapat pulih kembali.

Nah itu adalah beberapa fungsi kolagen bagi tubuh anda. Melihat manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh anda, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kolagen secara teratur. Fungsi kolagen tidaklah dilebih-lebihkan. Manfaatnya memang luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Nah mungkin setelah membaca artikel ini, anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi kolagen secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya