Penyebab Kekurangan Sel Darah Putih

Tedapat beberapa penyebab tingkat leukosit menjadi turun, hal ini dapat disebbakan karena adanya infeksi bakteri atau virus, kanker, kelainan bawaan dari sistem kekebalan tubuh dan pada sumsum tulang,dll. Obat-obatan seperti diuretik, imunosupresan, clozapine, dan anti psikotik juga dapat menyebabkan menurunnya jumlah sel darah putih didalam tubuh. Kekurangan limfosit juga dapat memperngaruhi tubuh seperti lamanya penyembuhan luka.
Beberapa tanda dan gejala sel darah putih rendah, antara lain :
Gejala-gejala yang terjadi pada penderita leukopenia dapat berkisar dari ringan hingga intens tergantung dari tingkat kondisi. Berikut ini adalah beberapa gejala dari sel darah putih rendah :
  • Mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Badan terasa ringan dan sering pingsan
  • Tanda-tanda yang muncul pada anak-anak termasuk anemia, demam, sering sakit kepala
  • Wanita yang terkena dapat mengalami siklus menstruasi berkepanjangan ( menorrhagia ).
  • Sebuah kondisi yang disebut dengan hematoma, dimana darah cenderung menumpuk di bawah kulit adalah salah satu dari gejala tingkat sel darah putih.
  • Gejala lainnya yang mungkin terjadi termasuk mudah lelah, gangguan keseimbangan emosi seperti mudah marah.
Dalam kondisi rendahnya sel darah putih,maka tubuh akan rentan terhadap segala macam infeksi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seseorang dapat mengalami infeksi. Jika terjadi infeksi pada saluran pencernaan akan ditandai dengan gejala seperti diare, pendarahan rektum, dan kram perut. Infeksi saluran kencing dapat juga menyebabkan masalah seperti panas dan terbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya