Masalah yang Bisa Menyebabkan Kebutaan
Beberapa penyakit mata, tanpa adanya diagnosa dan yang tepat, dapat menyebabkan kebutaan ringan sampai parah. Pada artikel ini, Bramardianto.com menuliskan tentang berbagai penyebab utama kebutaan, dan bagaimana kondisi ini dapat ditangani.
Penyakit Mata, Masalah Mata
Kemampuan untuk melihat dunia sekitar kita dalam segala keindahannya memang sebuah anugerah bahwa kita semua harus menghargai. Namun, penyakit tertentu dapat menghalangi kita dari karunia ini, dan artikel ini berbicara mengenai masalah mata yang paling umum, dan paling mematikan.
Sebelum kita berbicara tentang kebutaan dan penyebabnya, mari kita memahami sedikit tentang bagaimana penglihatan kita bekerja, dan bagaimana hal itu membantu kita untuk melihat hal-hal. Ketika kita melihat suatu obyek, sinar cahaya dari objek masuk ke mata melalui iris, dan mencapai lensa melalui kornea. Sinar dibiaskan melalui kornea dan lensa, dan sinar dibiaskan melewati vitreous humor untuk mencapai retina, di mana mereka membentuk sebuah obyek gambar terbalik. Retina adalah jaringan yang sensitif terhadap cahaya yang melapisi permukaan bagian dalam dari setiap mata, dan terhubung ke otak melalui saraf optik. Citra obyek tersebut kemudian ditransfer ke korteks visual otak melalui saraf optik, dan baru setelah itu kita mampu ‘melihat’ obyek.

Penyakit Mata Umum yang Menyebabkan Kebutaan

Kerusakan yang terjadi pada setiap bagian dari mata atau saraf optik, karena penyakit atau luka, dapat menyebabkan kebutaan parsial atau lengkap. Ada empat penyakit mata umum yang menyebabkan kebutaan, dan mereka dibahas di sini.

Katarak disebabkan karena kekeruhan dari lensa yang jernih pada satu atau kedua mata. Ini adalah penyebab utama kebutaan di dunia, khususnya di negara-negara berkembang, terutama karena kurangnya teknologi medis canggih. Risiko meningkat dengan bertambahnya umur, dan hal ini sangat umum pada orang di atas usia 60 tahun.
Gejala :

  • Penglihatan kabur
  • Kesulitan untuk melihat dalam cahaya redup
  • Penglihatan ganda
  • Warna tampak pudar
  • Sensitifitas terhadap cahaya terang atau silau
Pengobatan :
Selama tahap awal, pasien dianjurkan untuk menggunakan kacamata korektif atau lensa kontak. Namun, tahap lanjutan katarak dapat diobati dengan operasi pengangkatan lensa, dan menggantinya dengan yang buatan.
Retinopati Diabetik
Diabetes disebabkan oleh penurunan tingkat insulin dalam tubuh, yang sangat penting untuk metabolisme gula atau glukosa dalam tubuh. Gula yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan kerusakan pada , termasuk yang di retina, dan ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan bahkan kebutaan. Gejala :

  • Penglihatan buram
  • Adanya bintik-bintik atau benang gelap mengambang dalam visi Anda
  • atau hipermetropia
Pengobatan
Retinopati diabetik dapat diobati dengan pembedahan laser. Namun, hal itu dapat dicegah dengan pemeriksaan mata rutin, dan tetap memantau pada kadar glukosa darah, dengan diet yang tepat dan olahraga. Glaukoma
Glaukoma adalah istilah yang digunakan untuk sekelompok penyakit mata, di mana tekanan cairan di dalam mata meningkat, yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Fakta yang membuat glaukoma berbahaya, adalah bahwa pasien mengalami gejala pada tahap awal penyakit. Dan orang dengan riwayat keluarga penyakit juga beresiko tinggi.
Gejala :
Glaukoma ditandai dengan kehilangan penglihatan perifer, yang disebut sebagai ‘tunnel vision’.
Pengobatan :
Penyakit ini dapat diobati dengan obat tetes mata dan . Diagnosis yang tepat dapat memeriksa kemajuannya, dan mencegah kehilangan penglihatan.
Degenerasi Makula
Sering disebut sebagai yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD), hal itu terjadi pada orang di atas usia 60 tahun. Penyakit ini mempengaruhi makula, ujung saraf di retina, yang memainkan peran penting dalam penglihatan sentral. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan pasien untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari. Namun, visi perifer tetap tidak terpengaruh.
Ada dua bentuk degenerasi makula. Degenerasi makula basah melibatkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal di bawah makula, sedangkan, degenerasi makula kering melibatkan degenerasi sel-sel fotosensitif makula.
Gejala :

  • Kesulitan dalam mengenali warna
  • Kesulitan untuk melihat dalam cahaya terang
  • Garis lurus tampak terganggu
  • Bintik gelap di area penglihatan sentral
Pengobatan :
Kondisi ini diobati dengan penggunaan alat bantu, perawatan laser, terapi vitamin kombinasi, dan terapi foto-dinamis.

Penyakit Mata Lainnya


  • Penyakit Stargardt : mewarisi degenerasi makula remaja, hilangnya pusat penglihatan dan warna, secara parsial untuk menyelesaikan kebutaan
  • Juvenile retinoschisis: penyakit warisan, hilangnya progresif penglihatan sentral dan perifer, lebih sering mempengaruhi laki-laki
  • Lubang makula : mempengaruhi pusat retina, bentuk lubang di makula akibat penuaan
  • Penyakit saraf optik : kondisi peradangan atau keturunan, visi hilang dengan cepat, tidak dapat disembuhkan
  • Uveal Melanoma : kanker yang umum yang berasal dari mata, karena penuaan
  • Retinitis pigmentosa : sekelompok gangguan mata turun-temurun sebagai akibat dari gen yang rusak, mempengaruhi retina, kehilangan penglihatan secara bertahap
  • Detasemen retina : kulit retina menjauh dari lapisan jaringan pendukung yang mendasarinya. Lebih umum dikaitkan dengan faktor usia.
Kebanyakan, tidak semua penyakit mata dapat dicegah atau disembuhkan dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Mata, menjadi seperti bagian halus dari tubuh, harus selalu diperhatikan, dan bahkan jika ada masalah sedikit pun harus diperiksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya