Ciri-ciri mengidap sinusitis


Ciri-ciri mengidap sinusitis – Apakah anda pernah mendengar sinusitis? Sinusitis merupakan suatu gangguan dimana terjadinya pembengkakan atau infeksi di daerah sinus, yaitu ruangan udara yang ada di antara tulang hidung, pipi dan tulang alis mata. Rongga tersebut berfungsi menghasilkan mukus, yaitu lendir yang kita kenal dengan kata ingus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi. Sinusitis ini bisanya terjadi apabila ada benda atau apapun yang menghalangi keluarnya ingus dari dalam rongga sinus. Bisa akibat perubahan tekanan ataupun temperatur (untuk penderita alergi dingin), karena pemakaian obat semprot hidung terlalu keras atau akibat asap rokok, debu (untuk alergi debu) atau bisa juga karena bakteri maupun virus.
Secara umum penderita sinusitis mengalami gejala sinusitis berikut ini seperti sakit kepala, merasa sakit di bagian wajah, demam, gejala sinusitis lainnya ialah keluar ingus bening.  Penyakit sinusitis ini bisanya disebabkan oleh kondisi membran selaput lendir pada hidung dan tenggorokan (sistem pernapasan atas) menjadi membengkak. sehingga pembengkakan ini menghalangi pembukaan jalan napas dan mencegah selaput lendir bekerja secara normal, menyebabkan sakit pada wajah dan gejala sinusitis lainnya. Kondisi ini menyebabkan terhalangnya jalan napas yang akan menyebabkan lingkungan basah yang membuatnya lebih mudah terinfeksi. Jalan napas yang terinfeksi dan tidak dapat basah secara normal akan menjadi bernanah, menyebabkan gejala dengan lendir yang tebal, kuning atau kehijauan dan gejala infeksi lainnya.
Secara umum gejala sinusitis dapat dibagi menjadi dua gejala yaitu gejala mayor dan gejala minor. Adapun Gejala mayor seperti, Adanya rasa nyeri yang dirasakan pada area sekitar wajah, terasa berat, dan adanya penekanan dibagian wajah. Gejala lainnya pada area hidung khususnya terjadi kebuntuan yang disebabkan oleh adanya lendir yang berlebihan. Selain itu biasanya lendir atau ingus yang biasanya dikenal berwarna kekuningan atau kehijauan. Adanya gangguan rasa dan aroma yang berakibat pada bau aroma yang terhirup. Suhu tubuh biasanya akan menjadi sedikit panas. Selain gejala mayor, gejala sinusitis lainnya yaitu sifatnya minor adalah sebagai berikut; Mengalami nyeri pada bagian kepala dan gejala sinusitis ini diawali disekitar area kepala, Pernafasan menjadi sulit dan berbau, Pada bagian mulut biasanya gigi akan terasa nyeri, tidak lupa juga mengalami batuk-batuk, Adanya nyeri dan berat serta tertekan pada telinga.
Pada umumnya penderita penyakit sinusitis akan mengalami ciri-ciri penyakit sinusitis berikut ini seperti, Pilek terus-menerus (bisanya ini berlangsung cukup lama), selain itu penderita sinusitis bisanya mengalami sakit kepala saat menunduk, hal ini disebabkan karena menumpuknya cairan dalam rongga, Ingus sering mengalir, Badan terasa letih dan lemah, Batuk, Pendengaran terganggu, Badan meriang, Sensitivitas penciuman terganggu dan penderita sinusitis juga bisanya mengalami penurunan Nafsu makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima klasih kunjunganya